iOS

MARITIME LINE » » Knock Nevis, Kapal Tanker Yang Mengangkut Banyak Cerita

Knock Nevis, Kapal Tanker Yang Mengangkut Banyak Cerita

Kamis, 29 November 2012

Knock Nevis
Kapal yang kini bernama Knock Nevis ini memang lain dibanding dengan yang lain. Kapal ini merupakan kapal laut terbesar di dunia yang pernah dibuat orang. Dan mungkin juga menjadi kapal yang paling sering berganti nama. Itu karena Knock Nevis memang sering berganti pemilik. Meskipun memegang gelar sebagai kapal terbesar di dunia, tapi kini Knock Nevis tidak difungsikan sebagai kapal lagi. Sekarang tugasnya adalah sebagai floating storage dan Offloading Unit di Dubai.

Untuk menggambarkan ukuran raksasa super tanker ini, kita dapat lihat pada dimensinya. Kapal yang dibangun di galangan kapal Sumitomo Heavy Industries – Jepang ini memiliki panjang 1.504 feet atau setara dengan 458,5 meter. Bobotnya 564.763 DWT. Bandingkan dengan ukuran kapal induk yang paling besar sekalipun. Karena ukurannya tersebut, super tanker ini tidak bisa melintasi terusan Panama dan terusan Suez. Dimensi ukurannya memang luar biasa besar. Karena kendala seperti itulah oleh pemiliknya sekarang (First Olsen Tankers) hanya digunakan sebagai Floating Storage.

Mulai dibangun pada tahun 1979, super tanker ini awalnya diberi nama Seawise Giant dan merupakan pesanan dari seorang Jutawan dari Yunani. Tapi sang jutawan tersebut tidak mampu mengambil kapal yang sudah dipesannya itu karena perusahaannya keburu bangkrut. Untuk selanjutnya kapal tersebut diambil alih pembeliannya oleh CY Tung, pemilik Orient Overseas Container Line dari Hongkong. Dan CY Tung meminta agar ukurannya ditambah hingga seperti sekarang ini. Sehingga lengkap sudah jika selanjutnya kapal ini berhak menyandang gelar sebagai kapal terbesar. Bayangkan, luas decknya saja sama dengan empat kali lapangan sepak bola.

Pada tahun 1981 Seawise Giant mulai melayari Teluk Meksiko dan laut Karibia. Beberapa waktu kemudian kapal ini dipindahkan ke Teluk Persia guna menangani eksport minyak negara Iran. Tapi nasib naas menimpa kapal ini pada tahun 1986 akibat dari Perang Iran – Irak. Jet tempur Irak telah membombardir Seawise Giant dengan bom dan tembakan peluru kendali. Kapal ini menjadi rusak berat dan segera diperbaiki di sebuah galangan kapal Keppel Shipyard di Singapura dan namanya diubah menjadi Happy Giant oleh pemiliknya yang baru, International Norman Seawise, pada tahun 1988.

Pada tahun 1999 Happy Giant sudah berganti pemilik lagi dan tentu saja namanya pun diganti juga. Pemiliknya yang baru adalah sebuah perusahaan dari Norwegia, Jahre Wallem. Perusahaan milik Jorden Jahre yang selanjutnya menggunakan nama Jahre Viking untuk kapal yang baru dibelinya itu. Menurut kabar, Jorden telah mengeluarkan uang sejumlah 39 juta dollar amerika untuk melakukan pembelian kapal tersebut. Tentu saja ini jumlah uang yang sangat besar pada masa itu.

Pada tahun 2004, kembali Jahre Viking berganti pemilik. Kapal ini telah dibeli oleh First Olsen Tankers Pte. Ltd. Oleh perusahaan ini namanya diubah menjadi Knock Nevis. Dan pada bulan Maret 2004, MV Knock Nevis berlayar menuju Dubai. Untuk selanjutnya Knock Nevis dioperasikan sebagai Floating Storage dan Offloading Units. Meskipun sudah tidak bertugas sebagai kapal lagi, tapi hingga kini Knock Nevis masih tetap dianggap sebagai kapal paling besar yang pernah dibuat oleh manusia.
Prokimal Kotabumi5 Kotabumi Lampung Utara

Artikel terkait :