iOS

MARITIME LINE » » Henna, Kapal Pesiar Mewah Pertama China Lakukan Pelayaran Perdana

Henna, Kapal Pesiar Mewah Pertama China Lakukan Pelayaran Perdana

Rabu, 30 Januari 2013

China kini telah memiliki kapal pesiar mewah berukuran besar dengan nama Henna. Pada hari Sabtu 26 Januari 2013 lalu kapal pesiar mewah Henna tersebut telah melakukan pelayaran perdananya dari Sanya Phoenix Island International Port di Pulau Hainan menuju Halong Bay di Vietnam. Kapal ini dioperasikan oleh perusahaan HNA Tourism Cruise and Yacht Management.
Kapal Pesiar Mewah Henna. MARITIME LINE
Kapal Pesiar Mewah Henna
Kapal Pesiar Mewah Pertama Milik China Siap Berlayar

Diam-diam, China sudah punya kapal pesiar yang sangat mewah. Bahkan, kapal pesiar bernama Henna tersebut sudah memulai pelayaran perdananya pada Sabtu lalu. Anda mau ikut berlayar?

Pada hari Sabtu kemarin, Henna berlayar selama 3 hari 2 malam. Kapal pesiar mewah pertama milik China itu menempuh rute singkat dari Sanya Phoenix Island International Port di Pulau Hainan menuju Halong Bay di Vietnam. "Pembelian Henna sebagai kapal pesiar mewah pertama di China memiliki makna bersejarah, tidak hanya bagi perusahaan tapi juga bagi negara," ungkap Presiden HNA Tourism Cruise and Yacht Management, Zhang Hao, seperti yang ditulis situs People, Rabu (30/1/2013).

Zhang Hao juga menambahkan, pelayaran perdana Henna akan mendukung potensi pasar pelayaran yang sangat besar di China. Hingga saat ini, pertumbuhan industri pelayaran di China selalu meningkat 8 persen setiap tahunnya sejak tahun 1980-an. Pada tahun 2011, China kedatangan 262 kapal pesiar internasional. Angka tersebut diyakini akan terus meningkat sebesar 17,5 persen setiap tahunnya, atau sebanyak 504.582 wisatawan yang berlayar dengan kapal pesiar. "Waktunya sangat tepat dan kita mengambil kesempatan untuk menjadi perusahaan pertama di China yang memasuki pasar pelayaran," kata Zhang.

Kapal pesiar pertama milik China ini memang bukan barang baru. Kapal besutan tahun 1986 ini dulunya milik perusahaan pelayaran Carnival Cruise Lines yang melayani rute pelayaran dari Inggris ke Amerika. Dulu, Henna bernama Jubilee. Kemudian, kapal tersebut dibeli oleh perusahaan China pada bulan Juli lalu seharga ratusan juta dolar AS. Sebelum digunakan, Henna diperbaiki terlebih dahulu di Sembawang Shipyard, Singapura. Kapal pesiar mewah ini memiliki panjang 223 meter dan lebar 31 meter. Di dalamnya ada 739 kabin yang berfungsi sebagai kamar dan fasilitas hiburan. Setiap pelayarannya, Henna mampu membawa sekitar 1.200 wisatawan.

Di pelayaran perdananya kali ini, sebanyak 70 persen tiket sudah dipesan. Setengahnya adalah penumpang berusia 20-40 tahun. Hal ini juga menambah keyakinan Zhan akan potensi pelayaran di China. Di antara ratusan penumpang Henna, ada satu orang wisatawan bernama Fang Yangzhao (69) yang tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya. "Ini adalah cara yang baik untuk merasakan pesona laut," ungkapnya setelah ikut pelayaran perdana Henna.

Anda tertarik ikut pelayaran ini? Harganya sekitar 1.588 Yuan (Rp 2,6 juta) sampai 15.888 (Rp 24,7 juta). Harga tersebut sudah termasuk kamar ektra nyaman yang dilengkapi teko air panas listrik di dalamnya. Selain itu, Anda juga akan dihidangkan masakan khas China dan ruangan untuk main mahjong selama kapal berlayar.

Walaupun terbilang baru, tapi Henna punya awak kapal yang tidak main-main. Para kru sudah sangat terlatih di bawah manajemen Star Cruises, perusahaan pelayaran terbesar ketiga di dunia. Untuk pelayaran periode perdana sampai bulan April mendatang, Henna akan tetap melayani rute Sanya Phoenix Island International Port di Pulau Hainan menuju Halong Bay di Vietnam. Tapi untuk pelayaran periode selanjutnya, Mei sampai Oktober, Henna akan menuju Semenanjung Korea. Namun, tidak menutup kemungkinan juga Henna akan menambahkan rutenya ke berbagai destinasi. "Kami akan membuka rute ke Taiwan dan Hong Kong ketika waktunya sudah tepat," tutup Zhang.

travel.detik.com
Prokimal Kotabumi5 Kotabumi Lampung Utara

Artikel terkait :